Unek-unek

08.15

Assalamualaykum semuanya :)

Awal tahun ini begitu terasa menyenangkan juga menghanyutkan hihi
Beberapa ide menulis kerap menguap begitu saja tanpa sungkan :')
Maka dari itu, saya hendak belajar istiqomah untuk menyampaikan "unek-unek" supaya bisa lega dan gak menguap begitu saja dimakan lupa :)

Oiya, malam ini saya ingin sedikit chit-chat.

Jelang wisudaan Oktober lalu, ada seorang teman yang ajak diskusi. Intinya dia mau buat sebuah solusi gitu buat permasalahan-permasalahan yang ada di negeri kita ini.

Luas banget gak sih? Iya emang.
Dan seketika saya langsung ingat akan data. Kita gak bakal tau apakah suatu daerah punya masalah atau tidak ya dari data itu. Well, saya jadi diingatkan kembali pada waktu itu, kalau ternyata kita benar-benar butuh data untuk memulai sesuatu. Apalagi untuk sesuatu yang belum kita pahamin banget kondisinya seperti apa disana dll, disinilah data akan nge-bantu banget. Meski dari jauh, kita kayak disuguhi realitanya disana. Meskipun memang, observasi lapangan juga jadi salah satu penguat data tadi. Tapi, gimana kalau terkendala jarak dan waktu untuk sekadar melihat secara langsung? Ya disitulah data berperan. Itulah mengapa, data yang kita pakai juga benar-benar harus kredibel dan bisa dipercaya.

Kala itu, saya coba kenalkan beberapa data BPS ke teman saya itu. Pada waktu itu, gak ada data spesifik yang diminta dan saya coba carikan beberapa data yang bisa kasih gambaran tentang suatu wilayah. Masih luas sih emang scope-nya. Masih dalam lingkup provinsi. Padahal kalau kita mau do something gitu, lingkup provinsi tentu luas banget buat di breakdown dan belum tentu tiap kabupaten-kota dalam provinsi itu punya masalah yang sama. Terus apa dong solusinya?

Semenjak magang di Humas BPS ini, saya jadi dapat spoiler nih apa aja kegiatan BPS di tahun 2018 ini. Mungkin saya juga akan terlibat langsung nanti kalau sudah diterjunkan ke daerah 😶. Nah, salah satu kegiatan yang Inshaallah dilaksanakan tahun ini yaitu pendataan Potensi Desa 2018. Kalau nama bekennya sih PODES 2018. Menurut jadwal, bulan Mei 2018 ini pendataan PODES 2018 sudah dimulai, lho! So, excited! Kayaknya bulan-bulan segitu udah di daerah penempatan, deh. Inshaallah kalau masih dikasih usia :3

Nah, output dari kegiatan ini tuh ya Statistik Potensi Desa. Publikasinya khusus dibuat untuk masing-masing Kabupaten/Kota. Dari publikasi itu kita bisa tahu, ada berapa sih kelurahan yang punya fasilitas pendidikan, kesehatan, dan fasilitas lainnya. Kita juga bisa tahu bagaimana kondisi perumahan, sosial budaya masyarakat setempat, keamanan, dll. Ini bakal berguna banget sih buat para pebisnis yang mau buka suatu usaha di tempat tersebut. Juga bakal berguna buat para calon perantau kayak saya yang benar-benar gak tahu sama sekali keadaan di daerah tersebut seperti apa dan lebih jauh lagi, kita bisa mulai untuk berbenah akan hal-hal yang belum berjalan dengan optimal berdasarkan data yang kita punya itu :)

Bicara soal berbenah, berbenah disini sebenarnya nggak cuma tugas pemerintah lho! Di zaman now kayak gini, udah gak sulit untuk menggerakkan orang buat aksi-aksi sosial bahkan kegiatan yang berbasis volunteer sekalipun. Tapi, ya balik lagi. Sebelum kita berbenah, kita juga harus paham betul apa yang harus kita benahi. Kalau ibarat rumah, kita harus benar-benar kenal dan tahu benar seperti apa kondisi rumah tersebut. Kalau kita sudah tahu apa yang harus dibenahi, proses pembenahan akan menjadi lebih fokus dan efektif. Jadi gak buang-buang energi, waktu, apalagi biaya. Jadi, inget diskusi dengan teman yang tadi. Misi yang luaspun, bisa disederhanakan dan di breakdown jadi misi-misi kecil untuk diselesaikan satu persatu.

Ya, dengan data, kita bisa lebih mudah untuk mengenal dan menyelesaikan suatu masalah di suatu tempat. Bahkan mengenal masalah daerah yang jauh dari jangkauan sekalipun. Oleh karena itu, PODES 2018 adalah salah satu kegiatan yang strategis karena banyak muatan penting di dalamnya. Kebayang nggak sih kepoin suatu kabupaten/kota sampai detail dari urusan administrasi hingga kondisi sosial budaya masyarakatnya.

Betapa urgent-nya kebutuhan kita akan kondisi mendetail dari daerah-daerah Indonesia yang sangaaat luas ini menjadikan kegiatan PODES 2018 sebagai suatu jawaban atas pertanyaan kita semua. Terlebih, kita sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan. Semoga dengan adanya PODES 2018 nanti, proses pembenahan negeri kita bisa lebih efektif berkat dukungan data yang lengkap, kredibel dan terpercaya ini. Jangan lupa, ikut sukseskan kegiatannya nanti yak! ^^



You Might Also Like

0 komentar

Entri Populer

Instagram Images

Entri Populer

Subscribe