TES TAHAP 1 STIS?

06.59

Assalamualaykum. Selamat malam para pejuang STIS :)

Udah H-3 tes ya. Hehe. Semoga ini ga terlalu terlambat untuk dishare. Atau mungkin bisa bermanfaat di lain kesempatan. Maafkan aku yang hiatus agak lamaaa karena sibuk dengan yang lain.

Sebenernya banyak banget yang dm, tanyain gimana biar lulus STIS. Hmm ini gimana ya agak susah juga jawabnya. Tapi akupun juga punya pertanyaan yang sama dulu ketika mau ikutan USM ehehe.

So, sebenernya sesimpel kamu persiapkan sebaik mungkin,
Inget, sainganmu ribuan :')

1. Persiapan diri semaksimal yang kamu bisa

Sebelum hari H, jor-joran lah kamu bahas sikat habis soal-soal yang kiranya keluar di USM nanti.
Gimana caranya tau itu bakal keluar apa gak?

Kalau aku dulu belajar liat polanya, hihi
Aku liat soal ini tuh selalu keluar di 5 tahun terakhir, soal mana yang perlu pemikiran ekstra, soal mana yang bisa kamu kerjain sambil merem (lah, bobok?) haha, ya semacem itulah.

Pas dulu tahun 2013, aku beli buku USM STIS dari temenku, omnya pegawai BPS suatu kabupaten di Jawa.Awal-awal emang males bangetsi ya buka-buka. Dan yaelah abis UN masa belajar lagi? :P
Tapi ya gimana, namanya juga pengen berhasil kan. Jadi, ya perlu usaha lebih dong :)
Kecuali ya emang lucky enough, WKWK

Dosen aku pernah bilang sih tapi, intinya, "kamu gamau kan berhasil hanya karena beruntung aja?"
Jleb yha.

Salah satu trik yang aku coba adalah:
Atur waktu belajar sedisiplin mungkin. Aku atur kapan aku belajar tanpa gangguan apapun sedikit pun, jadi bener-bener quality time. Aku atur kapan aku main, kapan aku istirahat dan kapan aku... bimbel. Yha dulu aku juga ikutan bimbel pada masa-masa itu. WKWK

Ini agak challenging sih bagi aku, tapi ya mau gimana lagi. Diatur orang aja kita bisa taat, masa sama diri sendiri sulit? :')

Dan ternyata aku berhasil disiplin hehe. Hampir semua soal udah aku cobain, Dan alhamdulillah soalnya gajauh beda sama pola-pola tahun sebelumnya, kalaupun ada mungkin hanya beberapa soal aja.

2. Istirahat cukup di hari sebelumnya

Ini penting bangetsi buat semua tes menurutku, Karena pada saat tes itu energi kita pasti terkuras, dan kita pasti butuh performa tubuh yang baik. Jadi, jangan jahat-jahat ama badan sendiri. Jangan diforsir banget-banget menjelang hari pertempuran. Ciela~

Kalau mau diforsir ya dari jauh hari dong Iya gak? :)

3. Pastikan ulang tempat dan waktu tes

Ini sepele tapi gaboleh disepelekan!
Dulu aku jarang banget updating info. Terus pas H-1 tes tahap II sih, baru tau kalau tempatnya ganti. Jadi, pas hari H panik soale Pak Ojeknya gatau tempatnya dan rada sotoy huhu sedih. Jadinya au telat dikit pas itu,

Ini gabole kejadian lagi sih. Harus bener-bener make sure bener-bener dari jauh-jauh hari, beberapa hari sebelum sampai pas H-1.

Adalagi temen aku, dia diboongin gitu ama temennya, jadinya dia telat huhu
kasian ya...
jahat si temennya :")

Tapi, ujungnya temenku yang itu masuk STIS juga hihiw :D

Jadi, kesimpulannya, internetnya dimanfaatkan ya buat kepoin jadwal dan tempat! :))

4. Jangan gampang jiper liat sebelah

Dulu pas tahap I aku tesnya di Jogja. Trus yang tes banyak bat gitu, di UII yang Kaliurang kalau gasalah. Terus ya, sebelum tes itu pada belajar coba :')

Gimana gak jiper kaan akuu :')
Mana sheari2nya belajar sendiri kan akunya, gaikut bimbel yang khusus USM gitu, di kos-kosan Jogja pun belajar sendiri karena kakakku lagi sibuk kuliah kala itu,

Tapi, yaudahlah ya. Mereka bersiap, akupun juga. Meski aku ga tau seberapa siap mereka dan sebaliknya. Yang penting yakin aja. Kalau rezeki ga akan kemana kalau memang kita sudah berusaha

5. Berdoa supaya dikasih yang terbaik

Kalau udah usaha semaksmal mungkin, ya mau diapain lagi, serahkan saja kepada Yang Maha Kuasa. Yang Maha Mengetahui mana yang terbaik buat kita. Jangan lupa minta doa restu sama orangtua, diluruskan niatnya masuk STIS itu karena apa, siapa dan kenapa.

Jadi,hatinya juga ikhlas, meskipun ya beberapa juga ada yang mengikuti kemauan orangtua. Tapi, yang terpenting kitanya sih, ikhlas apa engga dengan semuanya. Karena toh yang akan menjalani ke depannya, dan termasuk melaksanakan kewajiban-kewajiban kerjanya nanti adalah kita :)

6. Terakhir, jangan pernah percaya ama berbagai macam penipuan!

Ini gak kalah pentingnya sih. Kenapa?
Karena dulu aku pas tingkat 2 nemu ada yang ditipu dari daerah. Dijanjikan ama oknum bakal diterima di STIS dengan membayar sekian-sekian. Waktu itu penerimaan STIS masih mandiri per instansi, belum seperti sekarang yang sudah terintegrasi oleh BKN.

Waktu itu, STIS sudah pakai sistem yang mumpuni menurutku, jadi pas anak itu mau daftar ulang, kita cek ke sistem, dan ternyata dia dari tahap 1 udah gak lolos gaes :")
Artinya, dia ga ikut tes tahap 2 dan selanjutnya. Kasian sih, udah percaya diri gitu dateng ke Jakarta dan bawa berkas-berkas. Sing sabar ya, Dik :')

Anw, ada nih UKM di STIS yang buat bimbingan belajar gitu buat USM STIS juga ada buku USM yang tiap tahun diterbitkan official dari sebuah UKM di Kampus yang gajual di toko buku manapun. Dulu aku pakai buku ini juga buat belajar karena enak disusunnya sistematis dan distribusinya langsung ke kantor-kantor BPS (biasanya provinsi, sih). Jadi, trusted. Bukan yang dijual di toko-toko buku yang penuh klaim dan janji-janji. Aih

 Tapi, satu yang harus dipahami. Temen2 juga harus paham bahwa kami hanyalah mahasiswa biasa yang takpunya daya lebih untuk lebih dari sekadar membimbing haha
Maksudnya, kami juga ga bakal atau persisnya soalnya gimana-gimana tapi kami berusaha untuk bantu apa yang bisa kami bantu :)

Jadi, tetep keterima atau engganya semua tergantung upaya kita dan juga bagaimana Dia telah menggariskannya. Jadi, sudah jelaskan harus berharap pada siapa? :)

Terakhir, semangat ya! Semoga dimudahkan semua niat baiknya untuk menjadi bagian dari pembangun negeri. Selamat malam! :))

You Might Also Like

0 komentar

Entri Populer

Instagram Images

Entri Populer

Subscribe