Proses berhijrah

05.58

Aku masih akrab dengan kemeja lengan panjang bahan chiffon, kerudung paris dan celana jeans sampai pada semester 1 aku kuliah.  Pada saat itu, aku merasa bahwa apa yg sudah aku lakukan sudahlah benar. Menutup aurat, menutup dada, tak ada yg salah sepertinya.



Alhamdulillah, lingkungan tempatku tinggal dikelilingi oleh orang2 baik :)
Mereka mendukungku berhijrah ke arah yg lebih baik. Mengajari tapi tidak menggurui. Mengajak dengan memberi teladan. Maka, nikmat Tuhanmu manakah yg kalian dustakan?

Pelan-pelan aku pun berhijrah. Mengganti celana jeans kesayanganku dengan rok baru, pemberian mama ❤
Ya, lagi2 bahan chiffon. Bahan yg nerawang itu 😂
Pelan2 aku belajar, bahwa menutup aurat berbeda dengan membungkusnya. Karena membungkus, juga bisa tetap terlihat bilamana pembungkusnya transparan dan membungkus juga bisa memperlihatkan apa yg dibungkus jika membungkusnya begitu ketat. Aku tidak ingin membungkus aurat :")

Kemudian aku tinggalkan kemeja2 chiffon kesayanganku :")
Hari berlalu. Aku mulai ingin mengenakan kerudung warna cerah. Seperti biru muda, pink, dan peach. Warna kesukaanku 😊
Tapi sayang, jilbab paris dengan warna seperti itu hanya akan membuat rambutku terlihat :")
Selama ini aku hanya bisa mengenakan warna2 bold saja seprti hitam, navy, merah dll

Pencarianku pun bermula. Aku mulai mencari bahan kerudung yang tidak transparan. Kemudian aku mulai menyukai bahan double hicon! Ingin mencari barengan agar ongkirnya tidak mahal, aku pun mengajak bbrp teman utk turut membeli. Namun, mereka kira aku berjualan 😂
Karena sudah kepalang, yasudah aku lanjutkan 😂

Well, seiring berjalannya waktu, dan sering jual-beli-bikin kerudung, lama-lama jadi tau bahan-bahan kerudung apa aja, jadi bisa pilih pilih mana yg nerawang kalo dipakai, mana yang cocok sama bentuk wajah, dan lain sebagainya. Ternyata kita hanya perlu merasa nyaman dan percaya diri dengan apa yang kita kenakan :)

Aku pun juga masih dalam tahap belajar. Dan akan terus belajar. Kadang-kadang sadar ga sadar, kita jadi "bebal". Menganggap bahwa apa yg kita lakukan adalah benar. Menganggap apa2 yg kita yakini adalah benar sebenar2nya, tanpa berupaya mencari kebenaran yg hakiki yg sebenar2nya, bukan hanya mencari pembenaran saja. Yang penting terus belajar dan belajar untuk jadi pribadi yang baru #notetoself dan jangan pelit sama diri sendiri soal ilmu :)

Kalau ada yang menasihati, coba ditelaah lebih dalam lagi. Jangan mulu-mulu baper dan mudah tersinggung, karena yang menasihati berarti peduli dengan kita :)
Pun, sudah banyak buku-buku dan kajian di luar sana yang sarat akan ilmu. Mencoba untuk membuka diri untuk hal-hal yang baru, tidak pernah salah kok. Yuk jadi lebih baik lagi! :)

Oiya, di awal proses hijrahmu, bukan ga mungkin orang2 di sekitarmu merasa asing dengan perubahanmu, baik sikap, maupun cara berpakaian. Tapi, tak usah khawatir, mereka yang menyayangimu tentu akan mendukung perubahanmu menuju kamu yang lebih baik lagi, bukan? Beri mereka waktu untuk menerima perubahanmu, dan beri dirimu (hatimu) ruang untuk beradaptasi dengan perubahan reaksi orang-orang di sekitarmu :)


#notetomyself

You Might Also Like

1 komentar

Entri Populer

Instagram Images

Entri Populer

Subscribe